Jalan Lain Terciptanya Hoax

Isu berita bohong memang sudah bukan hidangan baru di sekitar kita. Namun bukan berarti pembahasan isu ini sudah dikatakan seles...





Isu berita bohong memang sudah bukan hidangan baru di sekitar kita. Namun bukan berarti pembahasan isu ini sudah dikatakan selesai. Tetapi sebaliknya, sebagaimana peristiwa yang diproduksi oleh kegiatan masyarakat. Berita palsu terus berkembang dengan berbagai latar belakang atau dengan tujuan tertentu.

Semakin maraknya penggunaan teknologi dan mudahnya informasi adalah salah satu jalan menuju isu ini. Berita bohong atau hoax akan terus berkembang, meskipun ada beberapa solusi yang ditawarkan. Semisal masyarakat harus kuat dalam hal budaya literasi sampai dengan masyarakat harus pandai-pandainya menyaring informasi yang beredar. Bahkan tindakan yang dianggap efektifpun sudah dilakukan melalui pemblokiran beberapa situs yang dianggap berbahaya.

Namun permasalah hoax masih tetap berkembang dalam kehidupan masyarakat kita. Tentu solusi yang ditawarkan diatas memang sudah cukup memadai guna membentengi masyarakat kita. Tapi yang perlu diingat, permasalahan baru juga hadir dalam solusi di atas. Misalkan dalam hal menggiatkan literasi masyarakat. Dalam solusi ini terdapat kelemahan bahwa masyarakat kita masih jauh dari dunia itu. Jika hal ini menjadi solusi yang efektif pun pasti akan memerlukan waktu lama.

Dalam catatan dunia, Indonesia hanya terdapat 0.001 dari 1000 orang yang benar-benar membaca buku. Tantangan inilah yang harus tetap dipertimbangkan dalam menghadapi hal demikian. Pertimbangan selanjutnya adalah perbedaan generasi yang baru hadir saat ini. Dalam satu rubriknya koran Kompas mencatat bahwa generasi sekarang merupakan generasi Z- dengan kisaran angka kelahiran 1995-2010. Pada generasi ini mempunyai ciri-ciri lebih suka bergelut pada teknologi yang berkembang.

Sehingga mau tidak mau, generasi sekarang bisa dikatakan jauh lebih dekat dengan hoax. Selain itu dengan cara inilah berita bohong terus diproduksi. Meskipun harus diakui hoax mencapai puncaknya ketika terjadi pemilihan umum. Pada sisi lain hoax berangkat dari sebuah ideologi agama dan terbukanya peluang menjadi jurnalis dadakan dengan semakin maraknya citizen jurnalism.

Akibat Jurnalis Dadakan

Citizen jurnalism secara sederhananya bisa kita katakan sebagai “siapapun bisa jadi jurnalis”. Zaman sekarang seolah kata-kata itu tidak mustahil lagi dilontarkan. Tentu dengan alasan seperti sebelumnya, kedekatan generasi kita dengan teknologi dan menjamurnya informasi. Beberapa dari kita akan berfikir, ini merupakan dampak positif, namun kebanyakan dari kita lupa sisi negatifnya.

Sisi negatif yang hadir dalam masalah ini salah satunya adalah hoax tadi. Bagaimana tidak? Pada dasarnya berita yang dihasilkan oleh citizen journalism berupa berita yang menampilkan kecepatan saja, tanpa menyajikan kelengkapan data. Hal yang dilupakan lainnya adalah titik tekan pada “bagaimana” dan “mengapa” biasanya kurang diperhatikan. Belum lagi ketika membincang etika jurnalistik yang ada. Ini bisa kita lihat pada beberapa judul yang panjang dan bombatis.

Selain itu, sering kali pembuat berita luput dalam mencantumkan keterangan pada foto pendukung yang digunakan. Kelalaian ini bisa membuka peluang terjadinya multi tafsir dan opini pembaca yang jauh dari kenyataan. Inilah yang harus dipertimbangkan kembali dalam menangulangi hoax yang beredar. Tidak hanya berhenti pada budaya di masyarakat kita saja, melalaikan pada peluang yang ada. Lumayan kan, kalau tembus bisa dapat tambahan uang jajan.

Penulis kader PMII Abdurrahman Wahid Komisariat Walisongo, Pimred Majalah Edukasi 2017 dan pegiat di Komunitas Baca Buku.

COMMENTS

Name

agenda,12,artikel,44,bincang,2,cyberia,4,ke-pmii-an,18,kebangsaan,2,Opini,31,pendaftaran,1,pendidikan,1,PMIITV,6,pustaka,9,rilis,5,warta,8,
ltr
item
PMII Semarang: Jalan Lain Terciptanya Hoax
Jalan Lain Terciptanya Hoax
https://3.bp.blogspot.com/-EaLtfDbWDlk/WP6v7WNiRQI/AAAAAAAAAcw/3MMuSv-yO1ErwMt7uUOJVwgMic-wFsT6QCLcB/s640/Hoax.png
https://3.bp.blogspot.com/-EaLtfDbWDlk/WP6v7WNiRQI/AAAAAAAAAcw/3MMuSv-yO1ErwMt7uUOJVwgMic-wFsT6QCLcB/s72-c/Hoax.png
PMII Semarang
https://www.pmiisemarang.or.id/2017/04/jalan-lain-terciptanya-hoax.html
https://www.pmiisemarang.or.id/
https://www.pmiisemarang.or.id/
https://www.pmiisemarang.or.id/2017/04/jalan-lain-terciptanya-hoax.html
true
4367216603084741449
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy