Tiga Pertanyaan di Hari Akhir, Pengurus PMII yang Baru Dilantik Wajib Tahu!

Sang Hujjatul Islam , Imam al-Ghazali dalam kitab Kimia al-Sa’adah mengatakan, bahwa kelak di hari akhir, manusia akan ditanya berkenaan ...

Sang Hujjatul Islam, Imam al-Ghazali dalam kitab Kimia al-Sa’adah mengatakan, bahwa kelak di hari akhir, manusia akan ditanya berkenaan dengan setiap sikap dan tindakannya. Ada tiga pertaanyaan: “Kenapa Engkau Melakukannya?”, “Bagaimana Kamu Melakukannya?” dan “Apa tujuanmu malakukannya?

Menurut Imam al-Ghazali, alasan pertanyaan pertama ditanyakan adalah karena sudah semestinya, setiap tindakan manusia didasari atau didorong oleh semangat Ilahiah, bukan dorongan setan, atau badaniah saja. Jika orang tersebut lolos, dalam artian mampu menjawab dengan baik, maka akan dihadapkan dengan pertanyaan kedua. Pertanyaan kedua berperan menguji terkait bagaimana pekerjaan itu dilakukan, apakah dengan bijaksana, atau malah dengan lalai dan ceroboh. Dan pertanyaan ketiga, ditanyakan untuk menguji apakah tindakan tersebut dilakukan hanya demi mencari ridha Allah, atau malah hanya untuk mendapatkan pujian manusia.

Menurut Imam al-Ghazali, orang-orang yang memahami betul arti dari pertanyaan-pertanyaan di atas, akan sangat awas terhadap keadaan hatinya dan bagaimana ia berpikir, yang menjadi landasan ia bertindak.
Lalu, kenapa penulis dalam judul tulisan ini, mengakhiri dengan kalimat “Pengurus PMII yang Baru Dilantik Wajib Tahu”?

Sebenarnya, tiga pertanyaan di atas, walaupun akan ditanyakan di masa depan, namun seakan-akan diproyeksikan untuk sekarang. Jika seseorang, dalam melakukan setiap tindakannya dilandasi dengan tiga pertanyaan di atas, maka tindakannya pun akan aman kelak di hari pertanggungjawaban.

Bagi Pengurus PMII yang baru dilantik, mereka cepat atau lambat akan merancang kegiatan organisasi dalam satu periode kepengurusan. Dan kegiatan tersebut nantinya juga akan diminta pertanggungjawaban. Maka, mengetahui tiga pertanyaan di atas, menjadi relevan bagi Pengurus yang Baru Dilantik.

Jika Pengurus PMII yang baru dilantik, selalu mengandaikan tiga pertanyaan tersebut sebelum melakukan kegiatan atau bersikap, tentu perjalanan satu kepengurusan tidak akan keluar dari rel organisasi. Contohnya, PMII yang semula didirikan sebagai pergerakan tidak akan menjadi sekedar kerumunan.

Pertanyaan pertama, menanyakan tentang alasan kenapa melakukan kegiatan. Pertanyaan ini jika direnungkan, maka akan menuntut pengurus dalam merumuskan kegiatan, tidak asal-asalan. Pengurus dengan sekuat daya, akan mencoba menganalisis berkenaan relevan atau tidaknya sebuah kegiatan. Dan, nantinya ketika ditanya, tidak akan muncul jawaban: “kegiatan ini dulu dilakukan pengurus sebelumnya”, namun akan menjawab: “setelah kami analisis, kegiatan ini masih relevan, dengan alasan....”

Setelah selesai merumuskan kegiatan apa yang relevan dilaksanakan, menjadi penting bagi pengurus untuk menjawab pertanyaan berkenaan pelaksanaan atau realisasinya. Pengurus akan menganalisis, bagaimana cara melaksanakan kegiatan secara baik, sesuai dengan yang dirumuskan di awal dan sesuai dengan visi-misi organisasi. Pengurus juga akan dituntut untuk menganalisis atau memetakan sumber daya yang dimiliki dan yang berpotensi dimiliki, atau diajak kerja sama.

Selanjutnya, pengurus akan dihadapkan terkait tujuan atau orientasi dari kegiatan tersebut. Pertanyaan ini akan menuntut pengurus untuk tidak disorientasi. Tidak keluar dari rel organisasi, yaitu kaderisasi yang bersifat gerakan kolektif dalam bingkai keislaman dan keindonesiaan.

Dengan mengandaikan tiga pertanyaan di atas, sebelum melakukan kegiatan, berpotensi akan menghindarkan pengurus dari ketidakmampuan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan (baca: membisu) kelak di hari Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) di akhir kepengurusan. Semoga begitu.

Departemen Pers dan Teknologi Informasi PC PMII Kota Semarang 

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

agenda,12,artikel,44,bincang,2,cyberia,4,ke-pmii-an,18,kebangsaan,2,Opini,31,pendaftaran,1,pendidikan,1,PMIITV,6,pustaka,9,rilis,5,warta,8,
ltr
item
PMII Semarang: Tiga Pertanyaan di Hari Akhir, Pengurus PMII yang Baru Dilantik Wajib Tahu!
Tiga Pertanyaan di Hari Akhir, Pengurus PMII yang Baru Dilantik Wajib Tahu!
https://3.bp.blogspot.com/-AMbGOTNFg0k/WU0xRxx7_cI/AAAAAAAAAgk/wcpPmqIjKXEV4wEmjW16RjesSxkuI5K0wCLcBGAs/s320/artikel3pertanyaan%255B1%255D.png
https://3.bp.blogspot.com/-AMbGOTNFg0k/WU0xRxx7_cI/AAAAAAAAAgk/wcpPmqIjKXEV4wEmjW16RjesSxkuI5K0wCLcBGAs/s72-c/artikel3pertanyaan%255B1%255D.png
PMII Semarang
https://www.pmiisemarang.or.id/2017/06/tiga-pertanyaan-di-hari-akhir-pengurus.html
https://www.pmiisemarang.or.id/
https://www.pmiisemarang.or.id/
https://www.pmiisemarang.or.id/2017/06/tiga-pertanyaan-di-hari-akhir-pengurus.html
true
4367216603084741449
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy