Akhir Pekan Ini, PMII Semarang Akan Menyelenggarakan Sekolah Advokasi Anggaran dan Kebijakan Publik

Kota Semarang sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah memiliki jumlah APBD yang lumayan lebih tinggi dibanding kota/kabupaten lain di Jawa ...

Kota Semarang sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah memiliki jumlah APBD yang lumayan lebih tinggi dibanding kota/kabupaten lain di Jawa Tengah. Tingginya jumlah APBD tersebut, jika diikuti dengan serapan dan pembelanjaan yang sesuai kebutuhan dan  tepat sasaran, maka secara ideal, akan diikuti oleh peningkatan taraf kehidupan ekonomi warga Kota Semarang.

Di era keterbukaan informasi dan kebijakan publik seperti saat ini, maka bukan tidak mungkin berbagai elemen masyarakat ikut mengawasi anggaran yang akan dibelanjakan oleh pemerintah Kota Semarang demi menyejahterakan warga Kota Semarang. hal ini bukan berarti menegasikan tugas yang selama ini diemban oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, namun sebagai sumbangsih masyarakat untuk memajukan kota Semarang tercinta.

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Semarang sebagai salah satu organisasi mahasiswa di Semarang yang memiliki komitmen untuk mempertahankan cita-cita kemerdekaan Indonesia sebagaimana tercantum dalam pasal 4 anggaran rumah tangga tentang tujuaan PMII, juga memeiliki keinginan untuk berperan serta dalam membangun Kota Semarang. Apalagi dalam sejarahnya, organisasi kemahasiswaan dalam bentuk apapun, tidak pernah absen atas pengawalan terhadap kebijakan pemerintah sehingga hari ini, mahasiswa dikenal sebagai salah satu elemen sipil yang memiliki fungsi sebagai agent of social control.

Namun, komitmen tersebut tidak akan pernah tercapai jika kader-kader PMII tidak memiliki pengetahuan terkait dengan APBD, perancangan maupun pengeluaran APBD yang dilakukan oleh pemerintah.
Atas dasar pemikiran tersebut, maka PMII cabang Kota Semarang, bekerja sama dengan berbagai elemen organisasi yang fokus di isu anggaran dan kebijakan memiliki keinginan untuk mengadakan Sekolah Anggaran & Kebijakan Publik guna membekali pemahaman terhadap kader-kader PMII Kota Semarang tentang APBD dan segala permasalahannya. Agar dikemudian hari PMII bisa berperan aktif untuk mengkritisi Pemerintah daerah yang kebijakannya tidak pro rakyat.

Sekolah Advokasi Anggaran dan Kebijakan Publik ini, mengangkat tema “Ikhtiar Kolektif Mendorong Anggaran dan Kebijakan Pemerintah Kota Semarang yang Pro Rakyat” dan akan diselenggarakan selama dua hari, Sabtu-Minggu, 15-16 Juli 2017 bertempat di Gendung DPD RI Provinsi Jawa Tengah.

Peserta kegiatan Sekolah Advokasi Anggaran dan Kebijakan Publik adalah 3 orang delegasi kader PMII dari 10 Komisariat yang ada di bawah PC PMII Kota Semarang dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Anggota Aktif PMII di lingkungan PMII Cabang Kota Semarang
2. Pengurus Komisariat di lingkungan PMII Cabang Kota Semarang
3. Setiap Komisariat mengirimkan delegasi 3 orang yang merupakan Ketua Umum, Ketua Bidang eksternal, Departemen Sospol/Departemen Advokasi.
4. Delegasi peserta wajib membawa surat Tugas/Mandat dari Komisariat Asal
5. Peserta Wajib memakai Jas PMII
6. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran
7. Peserta Wajib mengikuti kegiatan sampai selesai
8. Peserta tidak dipungut biaya 

Info lebih lanjut mengenai agenda ini bisa menghubungi sahabat Abdul Ghofar 085645520982

COMMENTS

Name

agenda,12,artikel,44,bincang,2,cyberia,4,ke-pmii-an,18,kebangsaan,2,Opini,31,pendaftaran,1,pendidikan,1,PMIITV,6,pustaka,9,rilis,5,warta,8,
ltr
item
PMII Semarang: Akhir Pekan Ini, PMII Semarang Akan Menyelenggarakan Sekolah Advokasi Anggaran dan Kebijakan Publik
Akhir Pekan Ini, PMII Semarang Akan Menyelenggarakan Sekolah Advokasi Anggaran dan Kebijakan Publik
https://1.bp.blogspot.com/-RbZOZgAOQCg/WWVVe3LEw7I/AAAAAAAAAg4/T6inN509XNo9clN4fuKSXZtJbLl-6EshACLcBGAs/s320/SKK%2BAdvokasi%2Bok.png
https://1.bp.blogspot.com/-RbZOZgAOQCg/WWVVe3LEw7I/AAAAAAAAAg4/T6inN509XNo9clN4fuKSXZtJbLl-6EshACLcBGAs/s72-c/SKK%2BAdvokasi%2Bok.png
PMII Semarang
https://www.pmiisemarang.or.id/2017/07/akhir-pekan-ini-pmii-semarang-akan.html
https://www.pmiisemarang.or.id/
https://www.pmiisemarang.or.id/
https://www.pmiisemarang.or.id/2017/07/akhir-pekan-ini-pmii-semarang-akan.html
true
4367216603084741449
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy